PROGRAM TAHUNAN PPKn KURIKULUM 2013 KELAS 1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
TEMA
|
WAKTU
|
Diriku
|
Kegemaranku
|
Kegiatanku
|
Keluargaku
|
Pengalamanku
|
Lingkungan Bersih, sehat dan Asri
|
Benda, Hewan dan Tanaman
|
Peristiwa Alam
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perwujudan
nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3
Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3
Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4
Mengamati dan menceritakan keberagaman karakteristik individu di lingkungan
rumah dan sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar