RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD ........................
Kelas/Semester : I / I
Tema : 3. Kegiatanku
Sub Tema : 3.3 Kegiatan
Sore Hari
Materi Pokok : Ukuran tinggi rendah benda
Pembelajaran : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 35 meneit
Hari/ Tanggal :
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya dan benda-benda di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
MAPEL
|
K1
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
SBDP
|
K1
|
1.1. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda
kekuasaan Tuhan
|
-
|
K2
|
2.1 Menunjukkan rasa percaya
diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
|
-
|
|
K3
|
-
|
-
|
|
K4
|
4.7.
Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami lagu.
|
Bernyanyi dan
mence-ritakan isi lagu
|
|
B. IND
|
K1
|
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang
Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragamserta benda-benda di
alam sekitar
|
-
|
K2
|
2.3 Memiliki perilaku santun dan
sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
|
-
|
|
K3
|
-
|
-
|
|
K4
|
4.4 Menyampaikan teks cerita diri /personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
o
Menceritakan
kembali isi teks dengan bahasa sendiri
o
Mempraktekkan
teks dialog
|
|
MTK
|
K1
|
-
|
-
|
K2
|
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda
di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),
beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
|
||
K3
|
3.11 Menentukan urutan berdasarkan panjang
pendeknya benda, tinggi rendahnya badan, dan urutan kelompok berdasarkan
jumlah anggotanya.
|
o
Membedakan
tinggi dan rendah
o
Mengurutkan
benda dari yang paling tinggi sampai yang terendah.
|
|
K4
|
-
|
-
|
C. TUJUAN
o
Setelah membaca
nyaring, dan berdiskusi, siswa dapat mempraktekkan dialog dengan berani dan
lancar.
o
Dengan kegiatan
bernyanyi siswa dapat menyanyikan lagu layang-layang sesuai dengan irama.
o
Dengan
berdiskusi tentang isi lagu siswa dapat memahami isi lagu dengan tepat.
o
Dengan mengamati
gambar siswa dapat membedakan tinggi rendah dan mengurutkan dari yang
tertinggi hingga yang terendah.
D. MATERI PEMBELAJARAN
SBDP
Menyanyi lagu “Layang-Layang”
BAHASA
INDONESIA
Mempraktikkan dialog
MATEMATIKA
Membandingkan tinggi
rendah
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Cooperative
Learning
Metode : Tanya jawab, Diskusi, Bermain
Peran.
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1. Media : Buku siswa, Benda-benda di Kelas
2. Alat / Bahan : Gitar, Gambar layang-layang, Teks lagu
Layang-layang,
Teks
dialog
3. Sumber Belajar : Buku Siswa halaman 60 – 63 Tematik Terpadu
Kurikulum
2013 Untuk SD Kelas 1
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
I
|
Pendahuluan
1. Berdoa
2. Absensi
3. Mengajak
menyanyi lagu ”Layang-Layang”
4. Menginformasikan
tema “Kegiatanku” Sub Tema “Kegiatan Sore Hari”
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran secara umum
|
10 Menit
|
II
|
Kegiatan Inti
Mempraktekkan Dialog
1.
Siswa
menyebutkan beberapa kegiatan yang biasa mereka lakukan pada sore hari.
2.
Guru
membacakan dialog di buku siswa.
3.
Siswa
menirukan dengan nyaring.
4.
Siswa menyimak
dialog yang dibacakan guru.
5.
Siswa dan guru
mendiskusikan isi dialog.
6.
Guru
membacakan kembali dialog dan siswa menirukan.
7.
Siswa berlatih
membaca dialog secara berpasangan.
8.
Siswa boleh
membuat dialog sendiri tentang kegiatan sore hari
9.
Siswa
mempraktekkan dialog di depan kelas.
Menyanyikan
Lagu Layang-Layang
1. Siswa
berbagi pengalaman tentang permainan yang bisa dilakukan pada sore hari.
2. Guru
menyampaikan bahwa bermain layang-
layang.
3. Guru
menyanyikan lagu layang-layang.
4. Siswa
mengikutinya dan berlatih hingga lancar.
5. Siswa
dan guru berdiskusi tentang isi lagu layang-layang.
6. Siswa
menyanyikan lagu layang-layang.
Membandingkan Tinggi Rendah.
1. Guru
menyampaikan pada siswa akan belajar tentang tinggi rendah.
2. Guru
mengulas kembali konsep tinggi rendah
3. Siswa
membandingkan tinggi rendah letak benda-benda yang ada di kelas
4. Siswa
mengamati gambar anak-anak bermain layang-layang.
5. Siswa
membandingkan dan mengurutkan layang-layang mulai dari yang tertinggi hingga terendah.
6. Siswa
mengerjakan latihan di buku siswa.
|
95 Menit
|
III
|
Penutup
1. Bersama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan
tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3. Melakukan
penilaian hasil belajar.
4. Berdoa.
|
15 Menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan
intrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
-
Penilaian
Kinerja
-
Penilaian dalam
mempraktekkan dialog.
-
Penguasaan lagu
dan pemahaman lagu.
b.
Penilaian Hasil
Belajar
c.
Pedoman
penskoran
Mengetahui
Gondfangrejo , ............................
Kepala
Sekolah Guru
Kelas 1
........................................ ................................................
LAMPIRAN
MATERI
(Buku Siswa hal
60-63)
LAMPIRAN
PENILAIAN
A. OBSERVASI
No
|
Nama
|
Sikap
Yang Diobservasi
|
Deskrepsi
|
|||
Disiplin
|
Tanggungjawab
|
Kejujuran
|
Hasil
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
8
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
dst
|
Rubrik
Observasi
No
|
Kriteria
|
Sangat
baik
|
baik
|
cukup
|
Kurang
|
1
|
Disiplin
|
Setiap
masuk tidak pernah terlambat
|
Kadang-2
terlambat
|
Sering
terlambat
|
Selelu
terlambat
|
2
|
Tanggungjawab
|
Melaksanakan
tugas selalu tepat waktu
|
Kadang-2
tidak tepat waktu
|
Sering
tidak tepat waktu
|
Selalu
tidak tepat waktu
|
3
|
Kejujuran
|
Tidak
pernah menyontek
|
Kadang-2
menyontek
|
Sering
menyontek
|
Selalu
menyontek
|
Keterangan:
SB
= Sangat Baik ( 81-100 )
B = Baik (
66 - 80 )
C = Cukup (
51 – 65 )
K = Kurang (
0 -
50 )
B. Penilaian Unjuk Kerja ( Bahasa
Indonesia )
i.
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
Kriteria
|
Diskripsi
|
||
Percaya Diri
|
Penguasaan Dialog
|
Hasil
|
|||
1.
|
Dewi
|
||||
2.
|
Endah
|
||||
3.
|
Udin
|
||||
4.
|
Amin
|
||||
5.
|
Untari
|
||||
6
|
Dst
|
Rubrik
Melakukan Dialog
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
1.
|
Percaya diri
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum terlihat kepercayaan guru
|
2.
|
Penguasaan dialog
|
Dialog diucapkan dengan lancar dan
tepat secara mandiri
|
Dialog diucapkan dengan lancar tetapi
kurang tepat
|
Dialog diucapkan dengan lancar dan
tepat atas bantuan guru atau teman
|
Belum mampu dialog
|
C. Penilaian Unjuk Kerja ( SBDP )
No
|
NAMA
|
KRITERIA
|
Deskripsi
|
||
Penguasaan Diri
|
Pemahaman Lagu
|
Hasil
|
|||
1.
|
Dewi
|
||||
2.
|
Endah
|
||||
3.
|
Udin
|
||||
4.
|
Amin
|
||||
5.
|
Untari
|
||||
6
|
Dst
|
Rubrik Menyanyikan dan Menceritakan isi Lagu
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
1.
|
Penguasaan Diri
|
Hafal seluruh syair lagu,irama tepat
|
Hafal syair lagu,irama kurang tepat
atau sebaliknya
|
Hafal sebagian kecil syair lagu
|
Siswa belum mampu menghafal syair
lagu.
|
2.
|
Pemahaman lagu
|
Siswa mampu menceritakan isi lagu dan
menghubungkan dengan kegiatan sore hari
|
Siswa mampu menceritakan isi lagu
|
Siswa menceritakan isi pada satu bait
lagu
|
Siswa belum mampu menceritakan isi
lagu
|
Keterangan Skor :
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
Nilai =
PENILAIAN DIRI ANAK
NO
|
PERNYATAAN
(
ASPEK YANG DINILAI )
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Saya
dapat mandi sore hari jam 16.00
|
||
2
|
Saya
dapat berpakaian rapi
|
||
3
|
Saya
dapat bermain layang – layang
|
||
4
|
Saya
dapat menirukan dialog tentang bermain layang – layang
|
||
5
|
Saya
dapat mendiskusikan isi dialog bermain layang – layang
|
||
6
|
Saya
dapat menirukan dialog bermain layang – layang
|
||
7
|
Saya
dapat melakukan dialog bermain layang – layang secara berpasangan
|
||
8
|
Saya
dapat membuat dialog tentang bermain sepak bola disore hari
|
||
9
|
Siswa
dapat mempraktekan dialog bermain sepak bola didepan kelas
|
D. Soal Kognitif ( Matematika
1. Ada sebuah pensil dan sebuah penghapus yang masih baru . Lebih panjang mana diantara benda
tersebut ?
2. Lebih tinggi mana antara tiang bendera dengan kursi belajar ?
3. Sebuah tongkat dengan panjang 2 meter dan
thanks you... sangat membantu sekali
BalasHapusthanks you... sangat membantu sekali
BalasHapus