SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas :
IV
Tema 1 :
Indahnya Kebersamaan
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran dan Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
MINGGU KE-1
|
|
|
PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
(pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat),
sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
(KI 1)
|
· Memberikan contoh keberagaman di lingkungannya dengan rasa
percaya diri
· Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan
di wilayah negara Indonesia
|
· Membuat daftar keberagaman agama,
bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi yang ada di lingkungan sekitar
· Menceritakan keberagaman budaya yang ada
di lingkungan sekitar sebagai bentuk keberagaman dalam kebersamaan
Penilaian
·
Tes tertulis:
Penguasaan konsep tentang keberagaman agama, bahasa,
suku bangsa, dan sosial ekonomi
·
Unjuk kerja: Menceritakan keberagaman budaya
·
Produk: Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan kultural
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia
yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
|
·
Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
·
Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
|
· Mendengarkan pembacaan doa dengan sikap tertib (menjaga
keheningan), seperti doa akan belajar, makan, melakukan suatu pekerjaan, dan
lain-lain
· Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada
saat berdoa sendiri
Penilaian
Skala sikap: Sikap tertib dalam mendengarkan doa
|
1 jp
(Setiap saat)
|
Buku Kumpulan Doa
|
Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
·
Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
·
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
|
· Membaca teks doa dengan jelas dan intonasi yang
sesuai
· Mengucapkan doa (tanpa teks) dengan jelas dan
intonasi yang sesuai
· Memberikan saran perbaikan terhadap pengucapan doa
yang dilakukan teman
Penilaian
Unjuk kerja: Mengucapkan doa
dengan jelas dan intonasi yang sesuai
|
1 jp (Setiap saat)
|
Buku Kumpulan Doa
|
Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat,
terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
|
· Menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
· Menyapa dan mengucapkan selamat dengat kalimat yang
sesuai
· Menyapa dan menyampaikan ucapan terima kasih dengan
kalimat yang sesuai
· Menyapa dan
menyampaikn permohonan maaf dengan kalimat yang sesuai
|
· Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat
sapaan
· Menyapa dengan kata atau kalimat sapaan yang sesuai
· Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat
ucapan
· Mengucapkan selamat dengat kalimat yang sesuai
· Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat
terima kasih
· Menyampaikan ucapan terima kasih dengan kalimat yang
sesuai
· Mengidentifikasi kata-kata dan kalimat-kalimat
permohonan maaf
· Menyampaikn permohonan maaf dengan kalimat yang
sesuai
Penilaian
Unjuk kerja: Menyapa dan mengucapkan selamat, terima kasih, dan
permohonan maaf dengan kata dan kalimat yang sesuai
|
8 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Matematika
Menaksir jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah
dan jenis benda yang diperlukan untuk suatu kegiatan amal sehingga sesuai
kebutuhan (k2)
|
· Menyebutkan besarnya uang saku yang diterima stiap hari
atau minggu
· Menyebutkan sumber perolehan uang saku
· Menghitung besarnya penggunaan uang saku untuk
konsumsi, uang tabungan, dan sosial
· Membandingkan nilai uang yang berbeda
· Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang
· Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi
jual beli yang melibatkan uang
|
·
Membuat perencanaan penggunaan uang dalam satu hari
·
Bermain jual beli barang seperti kondisi di pasar dengan uang mainan
·
Melakukan kegiatan tawar-menawar antara pemeran penjual dan pembeli
barang
·
Membandingkan nilai nominal jenis
uang bersama dengan jenis uang mainan temannya
·
Transaksi pembayaran tentang jumlah uang yang diberikan dengan nilai
barang yang harus dibayar
Penilaian
·
Produk: Membuat perencanaan penggunaan uang
·
Tertulis: Menyelesaikan operasi hitung
|
6 jp
|
· Buku Tematik Kelas IV
· Uang Mainan
|
Seni Budaya dan Prakarya
·
Mengagumi ciri khas keindahan karya
seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugrah tuhan (KI 1)
|
·
Menjelaskan keunikan karya seni
dan karya kreatif berbagai daerah
·
Memuji karya seni dan karya kreatif
teman
·
Merawat karya seni dan karya kreatif
yang ada di sekolah
·
Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri
|
·
Mencari tahu karya seni melalui membaca buku, majalah atau media lain
yang ada di sekolah
·
Mengamati berbagai karya seni dari berbagai daerah
·
Mengidentifikasi keunikan
karya seni daerah lain melalui pengamatan
·
Membandingkan ciri khas karya seni dari berbagai daerah
·
Menjelaskan perbedaan ciri khas karya seni dari berbagai daerah
·
Membuat karya seni dan karya kreatif serta merawatnya
·
Mempresentasikan hasil karya sendiri di depan kelas
·
Penilaian
Pengamatan: Sikap dalam
menghargai karya seni (menyimpan dengan baik, tidak merusak, dll.)
|
6 jp
|
·
Karya seni
·
CD seni
|
PENJASORKES
Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
Memiliki perilaku hidup sehat
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik jalan dan lari
yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar untuk
membentuk gerakan dasar atletik
jalan dan lari yang dilandasi konsep gerak melalui permainan dan
atau tradisional
|
Melakukan aktivitas fisik secara teratur
Menerapkan perilaku
hidup sehat di sekolah
Memperagakan kombinasi gerak dasar jalan
Memperagakan kombinasi gerak dasar lari
|
Melakukan aktivitas fisik setiap hari
Mencuci tangan sebelum dan setelah belajar
Berjalan jinjit ke berbagai arah mengikuti
aba-aba menunjukkan disiplin
Berlari membawa benda yang diletakkan di
kepala
Berlari langkah kuda/hop bergandengan
tangan secara berpasangan dengan menunjukkan nilai kerjasama, toleransi
Penilaian:
Unjuk kerja:
berjalan jinjit ke
berbagai arah mengikuti aba-aba dan berlari membawa benda yang diletakkan di
kepala
Pengamtan perilaku
|
4 JP
|
Pluit
Buku Pegangan siswa
|
|
|
MINGGU KE-2
|
|
|
PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
(pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat),
sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
(KI 1)
|
· Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan
di wilayah negara Indonesia
|
· Melakukan partisipasi kewarganegaraan dimana setiap peserta
didik ditugasi untuk ikut serta dalam suatu kegiatan kultural (upacara adat atau keagamaan, pesta
rakyat, pentas seni, dll.) di lingkungannya sebagai bentuk kebersamaan
· Membuat catatan apa kegiatan itu
dan apa sumbangannya dalam kegiatan tersebut
Penilaian
·
Tes tertulis
Penguasaan konsep tentang keberagaman agama, bahasa,
suku bangsa, dan sosial ekonomi
·
Unjuk kerja
Menceritakan keberagaman budaya
·
Produk
Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan
kultural
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
·
Membaca teks tentang berbagai topik, membuat pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
|
·
Menyusun pertanyaan-pertanyaan dengan benar mengenai isi teks bacaan
·
Menentukan dengan tepat gagasan pokok paragraf yang ada dalam teks
bacaan
|
·
Membaca di dalam hati teks bacaan tentang “Indahnya Kebersamaan”
·
Membuat pertanyaan-pertanyaan tentang isi teks bacaan
·
Menukarkan pertanyaan-pertanyaan dengan teman untuk saling menjawab
·
Menentukan dan menulis gagasan pokok paragraf-paragraf yang ada di
dalam teks bacaan
Penilaian
Tes tertulis
·
Ketepatan pertanyaan dengan isi teks bacaan
·
Ketepatan dalam menentukan gagasan pokok paragraf
|
6 jp
|
Buku teks tematik kelas IV
|
· Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus /ensiklopedia
|
·
Membuka kamus dengan benar
untuk menemukan makna kata-kata sulit
·
Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah ditemukan
artinya di dalam kamus/ensiklopedia
|
·
Membaca
kembali teks bacaan “Indahnya Kebersamaan”
·
Mencatat
kata-kata yang dianggap sulit artinya yang ada dalam teks bacaan
·
Membuka
kamus/ensiklopedia, lalu menemukan arti dan makna
kata-kata tersebut sesuai dengan konteksnya
·
Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit yang telah
ditemukan artinya di dalam kamus/ensiklopedia
Penilaian
Tes Tertulis:
·
Menemukan kata-kata sulit di dalam teks bacaan
·
Menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata sulit
Unjuk kerja: Membuka kamus/ensiklopedia dengan benar
|
4jp
|
Kamus atau ensiklopedia
|
Matematika
· Menaksir jumlah uang untuk berbelanja atau jumlah
dan jenis benda yang diperlukan untuk suatu kegiatan amal sehingga sesuai
kebutuhan (k2)
|
· Menyelesaikan soal cerita sederhana melalui permainan
jual beli yang melibatkan uang
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan
menaksir jumlah uang yang diperlukan dengan barang yang dibeli untuk kegiatan
amal
|
·
Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan jual-beli
·
Menaksir harga barang yang akan dibeli dengan uang hasil sumbangan di
kelas yang akan disumbangkan dalam kegiatan
Penilaian
·
Produk: Membuat perencanaan penggunaan uang
·
Tertulis: Menyelesaikan operasi hitung
|
4 jp
|
· Buku Tematik Kelas IV
· Uang Mainan
|
· Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri ,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya (K4)
|
· Menyamakan penyebut dua pecahan dalam operasi
penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan KPK
|
·
Mengidentifikasi pecahan dengan
mencari KPK dari penyebutnya kemudian menyamakan penyebutnya pada
operasi penjumlahan dan pengurangan
|
2 jp
|
Buku tematik kelas IV
|
Seni Budaya dan Prakarya
Menggambar alam
berdasarkan pengamatan keindahan alam (KI 4)
|
·
Membuat gambar dengan motif tumbuhan ( bunga dan buah).
·
Membuat gambar pemandangan alam
·
Membuat gambar dengan motif binatang.
|
·
Mengidentifikasi keindahan alam melalui
pengamatan
·
Menggambar alam berdasarkan
hasil pengamatan
Penilaian
·
Proses
:
Mengamati proses
menggambar
·
Hasil karya
: gambar sesuai dengan tema,komposisi warna, keseimbangan
|
6 jp
|
·
Karya seni
·
CD seni
|
PENJASORKES
Memahami jenis cidera selama melakukan
aktivitas fisik dan mampu melakukan pertolongan pertama
Memahami cara pengukuran tinggi dan berat
badan ideal
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional
bola kecil
|
Menyebutkan
penyebab cidera
Mengukur berat
badan mengunakan ukuran kg
Menerapkan variasi
dan kombinasi pola gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan kasti
|
Mendiskusikan cara menghindari cidera pada
aktivitas fisik yang akan dilakukan
Mengukur berat
badan menggunakan “neraca kamar mandi” dan mencatat hasilnya dilakukan secara
berpasangan dengan menunjukkan perilaku kejujuran
Menangkap bola melambung dengan satu /dua
tangan secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan prilaku kerjasama, percaya diri, disiplin,
toleransi, menjaga keselamatan diri dan orang lain, dan menghargai perbedaan
Penilaian:
Unjuk kerja : mengukur berat badan, dan menangkap bola
Tertulis: cara menghindari cidera selama aktivitas fiisik
Pengamtan perilaku
|
4 JP
|
Timbangan
Bola
Buku Pegangan siswa
|
|
|
MINGGU KE-3
|
|
|
PPKn
Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa
(pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat),
sosial ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
(KI 1)
|
· Membiasakan sikap positif terhadap kebhinenkatunggalikaan di
lingkungan sosial.
|
· Melaporkan hasil catatan partisipasi
dalam kegiatan kultural yang diikuti di lingkungannya
· Memberikan komentar terhadap catatan
yang dibuat dan dibacakan teman
Penilaian
· Tes tertulis: Penguasaan
konsep tentang keberagaman agama, bahasa, suku bangsa, dan sosial ekonomi
· Unjuk kerja: Menceritakan keberagaman budaya
· Produk: Hasil catatan partisipasi dalam kegiatan
kultural
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Bahasa Indonesia
·
Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
· Membuat cerita tentang hewan kesukaannya
· Menguraikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam
memelihara hewan agar hidup sehat dan tumbuhan agar tumbuh subur
|
·
Kegiatan kecil (7 siswa): menceritakan hewan peliharaannya/hewan atau
tanaman yang disukai yang memperlihatkan kebersamaan antara manusia dengan
makluk yang ada di sekitarnya
·
Projek besar: memelihara tanaman atau hewan di rumah atau di sekolah,
dan menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan agar tumbuhan dan hewan dapat
hidup sehat (tumbuhan: disiram dan memperoleh sinar matahari yang cukup;
hewan: diberi makan dan tempat hidup yang layak dan kasih sayang) dan
menuliskannya dalam jurnal mingguan siswa
Penilaian:
Skala sikap tentang kepedulian terhadap makhluk
hidup
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas 4
|
Bahasa Indonesia
· Melengkapi bagian
cerita rumpang dengan kalimat yang tepat
|
· Melengkapi
bagian cerita yang hilang dengan kalimat pada akhir
paragraf.
|
· Membaca cerita yang rumpang pada bagian akhir
paragraf yang berhubungan dengan indahnya kebersamaan
· Mendiskusikan kalimat yang sesuai untuk melengkapi
bagian cerita yang hilang pada akhir
· Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan kata/kalimat
pada akhir paragraf.
Penilaian:
Tes Tertulis: Melengkapi cerita rumpang menjadi lengkap berdasarkan hasil diskusi dengan menggunakan
EYD yang tepat
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas IV
|
Matematika
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, decimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain serta
memeriksa kebenarannya (K4)
|
·
Menuliskan kalimat
matematika dari soal cerita yang berhubungan dengan KPK dan FPB
·
Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan KPK
·
Menyederhanakan pecahan
dengan menggunakan FPB
·
Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan FPB
·
Memecahkan masalah yang
berhubungan dengan satuan kuantitas
·
Memecahkan masalah
matematika yang berhubungan dengan desimal
·
Memecahkan masalah yang
berhubungan dengan persen dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi
pecahan dengan mencari KPK dari
penyebutnya kemudian menyamakan penyebutnya pada operasi penjumlahan dan
pengurangan
·
Mengidentifikasi
soal cerita kemudian menuliskan kalimat matematika yang berhubungan dengan KPK
·
Mengidentifikasi
soal cerita kemudian menuliskan kalimat matematika yang berhubungan dengan FPB
·
Secara
kelompok menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan KPK
·
Secara
kelompok menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan FPB
·
Secara
kelompok memecahkan masalah yang berhubungan dengan satuan kuantitas
·
Secara
kelompok memecahkan masalah yang berhubungan dengan desimal
·
Secara
kelompok memecahkan masalah yang berhubungan dengan persen
Penilaian
Unjuk kerja: ketika berdiskusi kelompok
Tertulis: Penguasaan konsep KPK dan FPB, satuan kuantitas,
decimal dan persen
|
6 JP
|
Buku tematik kelas
IV
|
Seni
Budaya dan Prakarya
Menyanyikan lagu
dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (KI 4)
|
·
Menyanyikan lagu anak-anak
·
Menggerakkan tangan dan
badan sesuai tinggi rendah nada
|
·
Mendengarkan
lagu anak-anak dari kaset
·
Menghafal
atau membaca syair lagu anak-anak
·
Menyanyikan
lagu anak-anak dengan senandung
·
Menyanyikan
lagu anak-anak dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah
nada.
Penilaian
Unjuk kerja menyanyikan lagu anak-anak sesuai dengan gerak tangan dan
badan sesuai dengan tinggi rendah nada
|
6 jp
|
· Kaset/cd lagu anak-anak dan media
lainnya
|
PENJASORKES
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan
untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: hand stand,
kayang, dsb) dan kombinasi pola
gerak dominan posisi statis dan dinamis,
tumpuan dan gantungan (misalnya: gerak hand stand berpasangan) secara
berpasangan
Mempraktikkan pola gerak dasar berirama bertema budaya daerah yang sudah dikenal
yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
|
Memperagakan teknik dasar senam
Menyebutkan komponen
yang di kembangkan dalam gerak berirama
|
Memperagakan sikap kayang
berpasangan/bertiga
Mendiskusikan komponen gerak yang dikembangkan dalam gerak berirama
Penilaian:
Unjuk kerja : posisi kayang
Tertulis: menyebutkan
komponen gerak yang dikembangkan dalam gerak
berirama
|
4 JP
|
Matras
Buku Penjas
Pluit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar