Peranan Komputer dalam Pembelajaran
Media adalah
sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media
pembelajaran adalah sebuat alat yang berfungsi menyampaikan pesan pembelajaran.
Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan
bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan
atau media.Bentuk-bentuk stimuIus bisa dipergunakan sebagai media diantaranya
adalah hubungan atau interaksi manusia, realita gambar bergerak atau tidak,
tulisan dan suara yang direkam. Kelima bentuk stimulus ini akan membantu
pembelajar mempelajari bahasa asing. Namun demikian tidaklah mudah mendapatkan
kelima bentuk itu dalam satu waktu atau tempat.
Teknologi
komputer adalah sebuah penemuan yang memungkinkan menghadirkan beberapa atau
semua bentuk stimulus di atas sehingga pembelajaran bahasa asing akan lebih
optimal. Namun demikian masalah yang timbul tidak semudah yang dibayangkan.
Pengajar adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk merealisasikan kelima
bentuk stimulus tersebut dalam bentuk pembelajaran. Namun kebanyakan pengajar
tidak mempunyai kemampuan untuk menghadirkan kelima stimulus itu dengan program
komputer sedangkan pemrogram komputer tidak menguasai metode pembelajaran.
Jalan
keluarnya adalah merealisasikan stimulus-stimulus itu dalam program komputer
dengan menggunakan piranti lunak yang mudah dipelajari sehingga dengan demikian
para pengajar akan dengan mudah merealisasikan ide-ide pengajarannya.Media
pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran harus
meningkatkan motivasi
pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi
kepada pembelajar. Selain itu, media juga harus merangsang pembelajar mengingat
apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang
baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik,
dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.
Multimedia
pembelajaran mandiri bagi siswa adalah bahan belajar multimedia yang dapat
dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu
topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu
yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi
Penggunaan
komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dapat memperkembang dan memperkayakan lagi
tajuk yang diajar. Dalam artikel ini membatasi pada pembelajaran sains .Keadaan
yang sama juga mungkin diwujud dalam pengajaran dan pembelajaran mata pelajaran
lain di sekolah. Aktivitas penyelesaian masalah adalah bagian terpenting dalam
pendidikan . Pencapaian yang tinggi dalam pembelajaran menjadi tidak bermakna jika seseorang pelajar tidak
mampu melakukan proses penyelesaian masalah. Keadaan ini telah menyebabkan
kesukaran pembelajaran di kalangan setengah-setengah pelajar. Masalah dan
kesukaran ini boleh diatasi melalui penggunaan komputer . Beberapa hal yang
dapat diambil dari segi positifnya adalah sebagai berikut :
1.
Pelajar yang menggunakan komputer
dalam pembelajaran mempunyai sikap yang lebih positif terhadap dirinya sebagai
pelajar dan berupaya menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.
- Perisian komputer yang digunakan dalam proses pengajaran akan dapat membantu pelajar memahami konsep dan prinsip dengan mudah dan berkesan.
- Pencapaian pelajar dalam hasil akhir pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan
- Kumpulan hasil belajar dengan komputer siswa dapat mempunyai kemampuan mengengingat dalam jangka masa yang lebih lama dan dapat menggunakannya dalam bidang-bidang lain.
Penggunaan
komputer dalam proses pengajaran dan pembelajaran melibatkan beberapa aplikasi,
seperti spreadsheet, multimedia dan internet. Peranan dan penggunaan internet
telah mula dikenal pasti dapat membantu pengurusan dalam sistem pendidikan khususnya dalam pelaksanaan proses pengajaran
pembelajaran di dalam dan luar kelas yang secara langsung melibatkan para
pendidik, pelajar dan ibu/bapa serta ahli masyarakat
Semua
kemudahan di atas boleh dimanfaatkan dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
Para guru harus bijak memilih aplikasi yang sesuai digunakan. Oleh itu,
perancangan yang dikemas dan teratur
amatlah penting, supaya murid-murid dapat menggunakan TIK secara maksimum dan
optimum. Berbagai aplikasi boleh digunakan sebagai sumber belajar atau pun sebagai bahan
bantu yang diintegrasikan terus dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
Aktivitas-aktivitas siswa dalam penggunaan TIK akan memberi banyak faedah
kepada para pelajar antara lain :
1.
Pelajar lebih peka terhadap isu dari
masa ke masa
- Pelajar dapat membiasakan diri dengan aplikasi komputer
- Pelajar berpeluang menjalankan aktivitis kumpulan , dan
- Pelajar dapat meningkatkan kemahiran berfikir, kemahiran bahasa atau kemahiran berkomunikasi
Yang lebih
penting dalam hal ini adalah dalam rangka dan tujuan apa komputer tersebut dimanfaatkan serta apa dan
bagaimana komputer itu digunakan . Untuk penerapan pendididkan di sekolah dasar
pemanfaatan pembelajaran menggunakan komputer masih sangat terbatas . Hal ini
karena masih sangat banyak sekali kendala yang dihadapi di lapangan diantaranya
adalah kompetensi tenaga pendidik dalam penguasaan komputer masih sangat
terbatas , sarana dan prasarana yang belum cukup memadai khusunya pada wilayah
– wilayah tertentu , masih terbatasnya shofware yang berisi tentang aplikasi
materi pembelajaran untuk sekolah dasar .
Pada
pembelajaran di sekolah dasar lebih ditekankan pada pembelajaran yang
konstektual yang artinya lebih diarahkan pada alam nyata . Hal ini berkaitan
akan daya imajinasi anak masih terbatas sehingga diharapkan pembelajaran yang
konkrit dapat dilihat langsung oleh siswa . Namun demikian pada kompetensi –
kompetensi tertentu diperlukan juga suatu model yang dapat diperlihatkan
melalui tampilan di komputer . Untuk bahasan ini biasanya diperlukan untuk
memberikan gambaran yang lebih jelas pada diri siswa akan suatui hal yang tidak
mungkin diperlihatkan dalam bentuk nyata seperti kondisi / gambaran planet –
planet luar angkasa dan materi lain yang tidak dapat ditampilkan dalam bentuk
konkritnya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar