Selasa, 17 Januari 2012

Peranan Komputer Dalam Pembelajaran



Peranan Komputer  dalam Pembelajaran
Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuat alat yang berfungsi menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media.Bentuk-bentuk stimuIus bisa dipergunakan sebagai media diantaranya adalah hubungan atau interaksi manusia, realita gambar bergerak atau tidak, tulisan dan suara yang direkam. Kelima bentuk stimulus ini akan membantu pembelajar mempelajari bahasa asing. Namun demikian tidaklah mudah mendapatkan kelima bentuk itu dalam satu waktu atau tempat.
Teknologi komputer adalah sebuah penemuan yang memungkinkan menghadirkan beberapa atau semua bentuk stimulus di atas sehingga pembelajaran bahasa asing akan lebih optimal. Namun demikian masalah yang timbul tidak semudah yang dibayangkan. Pengajar adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk merealisasikan kelima bentuk stimulus tersebut dalam bentuk pembelajaran. Namun kebanyakan pengajar tidak mempunyai kemampuan untuk menghadirkan kelima stimulus itu dengan program komputer sedangkan pemrogram komputer tidak menguasai metode pembelajaran.
Jalan keluarnya adalah merealisasikan stimulus-stimulus itu dalam program komputer dengan menggunakan piranti lunak yang mudah dipelajari sehingga dengan demikian para pengajar akan dengan mudah merealisasikan ide-ide pengajarannya.Media pembelajaran yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi pembelajaran. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada pembelajar. Selain itu, media juga harus merangsang pembelajar mengingat apa yang sudah dipelajari selain memberikan rangsangan belajar baru. Media yang baik juga akan mengaktifkan pembelajar dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan juga mendorong siswa untuk melakukan praktek-praktek dengan benar.
Multimedia pembelajaran mandiri bagi siswa adalah bahan belajar multimedia yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran mandiri yang berisi satu topik sajian yang utuh dari standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu yang dikembangkan dengan menggunakan berbagai software aplikasi
Penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran  dapat memperkembang dan memperkayakan lagi tajuk yang diajar. Dalam artikel ini membatasi pada pembelajaran sains .Keadaan yang sama juga mungkin diwujud dalam pengajaran dan pembelajaran mata pelajaran lain di sekolah. Aktivitas penyelesaian masalah adalah bagian terpenting dalam pendidikan . Pencapaian yang tinggi dalam pembelajaran menjadi  tidak bermakna jika seseorang pelajar tidak mampu melakukan proses penyelesaian masalah. Keadaan ini telah menyebabkan kesukaran pembelajaran di kalangan setengah-setengah pelajar. Masalah dan kesukaran ini boleh diatasi melalui penggunaan komputer . Beberapa hal yang dapat diambil dari segi positifnya adalah sebagai berikut :
1.     Pelajar yang menggunakan komputer dalam pembelajaran mempunyai sikap yang lebih positif terhadap dirinya sebagai pelajar dan berupaya menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.
  1. Perisian komputer yang digunakan dalam proses pengajaran akan dapat membantu pelajar memahami konsep dan prinsip  dengan mudah dan berkesan.
  2. Pencapaian pelajar dalam hasil akhir pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan
  3. Kumpulan hasil belajar dengan komputer siswa dapat mempunyai kemampuan mengengingat dalam jangka masa yang lebih lama dan dapat menggunakannya dalam bidang-bidang lain.
Penggunaan komputer dalam proses pengajaran dan pembelajaran melibatkan beberapa aplikasi, seperti spreadsheet, multimedia dan internet. Peranan dan penggunaan internet telah mula dikenal pasti dapat membantu pengurusan dalam sistem pendidikan  khususnya dalam pelaksanaan proses pengajaran pembelajaran di dalam dan luar kelas yang secara langsung melibatkan para pendidik, pelajar dan ibu/bapa serta ahli masyarakat
Semua kemudahan di atas boleh dimanfaatkan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Para guru harus bijak memilih aplikasi yang sesuai digunakan. Oleh itu, perancangan  yang dikemas dan teratur amatlah penting, supaya murid-murid dapat menggunakan TIK secara maksimum dan optimum. Berbagai  aplikasi  boleh digunakan  sebagai sumber belajar atau pun sebagai bahan bantu yang diintegrasikan terus dalam proses pengajaran dan pembelajaran.  Aktivitas-aktivitas siswa dalam penggunaan TIK akan memberi banyak faedah kepada para pelajar antara lain :
1.     Pelajar lebih peka terhadap isu dari masa ke masa
  1. Pelajar dapat membiasakan diri dengan aplikasi komputer
  2. Pelajar berpeluang menjalankan aktivitis kumpulan , dan
  3. Pelajar dapat meningkatkan kemahiran berfikir, kemahiran bahasa atau kemahiran berkomunikasi
Yang lebih penting dalam hal ini adalah dalam rangka dan tujuan apa  komputer tersebut dimanfaatkan serta apa dan bagaimana komputer itu digunakan . Untuk penerapan pendididkan di sekolah dasar pemanfaatan pembelajaran menggunakan komputer masih sangat terbatas . Hal ini karena masih sangat banyak sekali kendala yang dihadapi di lapangan diantaranya adalah kompetensi tenaga pendidik dalam penguasaan komputer masih sangat terbatas , sarana dan prasarana yang belum cukup memadai khusunya pada wilayah – wilayah tertentu , masih terbatasnya shofware yang berisi tentang aplikasi materi pembelajaran untuk sekolah dasar .
Pada pembelajaran di sekolah dasar lebih ditekankan pada pembelajaran yang konstektual yang artinya lebih diarahkan pada alam nyata . Hal ini berkaitan akan daya imajinasi anak masih terbatas sehingga diharapkan pembelajaran yang konkrit dapat dilihat langsung oleh siswa . Namun demikian pada kompetensi – kompetensi tertentu diperlukan juga suatu model yang dapat diperlihatkan melalui tampilan di komputer . Untuk bahasan ini biasanya diperlukan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas pada diri siswa akan suatui hal yang tidak mungkin diperlihatkan dalam bentuk nyata seperti kondisi / gambaran planet – planet luar angkasa dan materi lain yang tidak dapat ditampilkan dalam bentuk konkritnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar